-->

Jenis Ban Motor lengkap dengan Kegunaannya

Jenis Ban Motor lengkap dengan Kegunaannya, Jenis ban untuk sepeda motor banyak ragamnya. Masing-masing dibuat dengan karakterisik tertentu untuk bisa dipakai sesuai dengan kebutuhan, termasuk untuk motor harian maupun balapan. Dari segi harga pun juga berbeda. Maka, dalam memilih ban motor, ada baiknya mempertimbangkan jenis motor yang dimiliki serta tujuan penggunaan motor itu sendiri.

1. Jenis Ban Scooter

Ban ini digunakan untuk jenis motor scooter dimana ukurannya jauh lebih kecil dibandingkan ban motor pada umumnya. Akan tetapi, dari sisi cengekeramannya, ban ini memiliki kualitas yang sama baiknya dengan ban cruiser. Penggunaannya bisa ditemui pada jenis motor matic.

2. Jenis Ban Offroad

Desain dari ban ini diperuntukkan khusus untuk penggunaan off road dimana medan yang dilalui seringkali berlumpur, berpasir dan berkerikil. Dengan demikian, maka ban ini pun tidak disarankan untuk digunakan di jalan umum atau aspal. Motor tipe supermoto juga memakainya untuk bisa melintasi medan yang berat.

3. Jenis Ban Racing (Tipe Basah)

Seperti namanya, ban racing ini khusus digunakan saat hujan atau setelah hujan saja. Kondisi jalan yang basah sangat ideal ketika memakai ban ini. Kondisi ban dibuat sedemikian ripa dengan alur yang sangat banyak. Adanya alur ini berguna sebagai jalur pembuangan air yang membuatnya bisa menapak di jalan.

4. Michelin Pilot Street.

Ban mahal ini cocok buat biker yang doyan touring ngebut. Ban ini punya grip sangat bagus di aspal. Soal keawetan 11 12 dengan FDR. Banyak dipakai biker motorsport dan pecinta cornering.

5. Corsa R99.

Ban Corsa memiliki masalah pada kondisi fisik ban. Kondisi masih barupun terkadang ditemukan retak retak. Menjelang aus, ban berbentuk tidak rata dan bergelombang. Membuat kenyamanan menjadi berkurang.

6. FDR Sport XV

Ban ini punya tipe compound medium. Ban ini gripnya bagus di track basah, di track kering juga gripnya maksimal. Mungkin soal keawetan lebih cepat aus tengahnya karena memang bukan tipe ban hard.