-->

Cara dan Tips Menghemat Baterai Android

Cara dan Tips Menghemat Baterai Android 


 Sistem yang disediakan android sangatlah menggiurkan dan pastinya mudah digunakan, tetapi yang paling penting adalah kamu harus tetap menggunakan cara pintar solusi menghemat baterai untuk ponsel kamu. Sekarang ini sudah hampir 90% pengguna ponsel berpindah ke android, karena aplikasi yang ditawarkan lengkap dan mudah untuk dimengerti dari segala kalangan.


Dengan aplikasi-aplikasi yang ditawarkan kamu dapat menjalankan bisnis atau pekerjaan kamu dengan lebih mudah dan ringan. Bukan hanya itu saja, kamu juga bisa mempererat silaturahim dengan aplikasi chatting dengan fitur kemudahan mengirim foto atau video call.


Hal utama yang bisa membuat baterai ponsel kamu tekor adalah karena sambungan internet yang selalu menyala, perlu kamu ketahui bahwa ketika jaringan internet dinyalakan semua aplikasi mulai bekerja, meskipun kamu tidak terlalu sering menggunakannya. Dengan begitu solusi menghemat baterai haruslah kamu ketahui untuk membuat ponsel kamu bertahan lebih lama.
Langkah pertama yang harus kamu perhatikan untuk solusi menghemat baterai yaitu

1. Memperhatikan sinyal

memperhatikan sinyal
perhatikan sinyal

Hal ini dikarenakan ketika sinyal tidak stabil ponsel akan terus mencari dan mencari jaringan sinyal yang baik. Inilah yang membuat baterai ponsel cepat habis. Bisa juga anda memanfaatkan wi-fi yang tersedia di daerah kamu. 
Dengan wi-fi yang ada sinyal internet akan stabil dan baterai akan jauh lebih hemat dibanding biasanya. Apalagi dijaman sekarang ini sudah tidak sulit lagi mencari Wi-fi karena sudah banyak tempat umum yang memasang wi-fi seperti cafe, pusat perbelnjaan dan lain sebagainya. Jika android kamu mempunyai masalah di Wifi.

2. Mematikan GPS

GPS pada android
GPS mengambil daya cukup banyak

Mematikan GPS merupakan salah satu solusi menghemat baterai . GPS yang terdapat dalam ponsel android kamu pastilah sangat penting untuk navigasi perjalanan kamu atau mungkin ketika kamu menggunakan aplikasi chatting yang membutuhkan GPS seperti halnya Bee Talk atau We Chat. 
kamu  harus tahu bahwa menggunakan GPS juga dapat menyebabkan baterai ponsel kamu cepat habis. 


3. Mengatur kecerahan layar

atur kecerahan layar
screen brightness

Mengatur kecerahan layar merupakan salah satu solusi menghemat baterai pada ponsel kamu. Sebaiknya atur kecerahan seminimal mungkin, karena layar yang terlalu cerah akan cepat menghabiskan baterai. Dan sebisa mungkin hindari penggunaan automatic screen brightness, atur manual saja akan lebih baik dan mengurai daya pada android kamu.

4. Memasang aplikasi secukupnya

irit memori
hapus aplikasi yang tidak terpakai

Lalu, solusi menghemat baterai yang terakhir adalah bijak dalam penggunaan memory yaitu tidak menggunakan terlalu banyak aplikasi, seperti aplikasi penghemat baterai, sebenarnya aplikasi ini sama sekali tidak membantu membuat baterai ponsel kamu malah justru sebaliknya, karena ram yang sia-sia akan membuat baterai cepat habis.

Nah itu tadi beberapa Cara dan Tips Menghemat Baterai Android  yang harus kita perhatikan dan lakukan untuk membuat baterai anda jauh lebih hemat dari biasanya. Semoga bisa membantu kamu dalam mengatasi masalah baterai android yang sering boros baterainya.